Selasa, 02 Juli 2013

Manfaat Ikhlas dalam Kehidupan

Sering kali kita merasa kesal atau jengkel ketika kita kehilangan sesuatu yang berharga di hidup kita. Namun, sebagai manusia biasa, apalah daya kita ketika sesuatu yang hilang itu sulit kita dapatkan kembali atau mungkin tak akan pernah kita dapatkan kembali menjadi milik kita. Untuk itulah kita perlu untuk senantiasa IKHLAS. Berikut beberapa manfaat IKHLAS dalam kehidupan kita...

IKHLAS Itu Selalu Merasa Positif (Positif Feeling)

Berprasangka positif atau berpikir positif sebenarnya harus dimulai dengan berperasaan positif atau merasa positif (positive feeling). Jadi pada mulanya dimulai dari hati. Bagaimana Anda akan berpikir positif kalau perasaan Anda diliputi oleh ion-ion negatif? Mengejar kesuksesan dan kebahagiaan dengan berpikir positif saja memang bisa berhasil. Namun, hasilnya akan lebih optimal jika kita menggunakan perasaan positif dan menyelaraskannya dengan pikiran positif.

IKHLAS Itu Kekuatan (Power)

Pada prinsipnya, IKHLAS merupakan keharusan hakiki yang mesti ada dalam diri setiap orang. Ketika IKHLAS itu ada, akan kuat dan tangguhlah dirinya. Sebaliknya ketika IKHLAS telah hilang, maka akan rapuh dan lemahlah dirinya. Ketika seseorang mengatakan, ”IKHLASkan saja,” ketika mengalami kehilangan seseorang atau sesuatu yang dicintainya. Artinya ”Kuatkan kembali dirimu, jangan larut dalam kesedihan yang akan menghabiskan energi positifmu.”

IKHLAS menjadikan manusia suka berbagi (manusia sosial)

Semakin besar IKHLAS melekat dalam hati, keinginan berbagi semakin besar. Hal itu karena manusia adalah makhluk sosial, makhluk yang suka berbagi kesenangan dengan orang lain. Sebaliknya, orang yang tidak IKHLAS, tidak mau berbuat sesuatu kalau tidak membawa keuntungan pribadi. Dia hanya mementingkan diri sendiri, menjadi manusia egois. Manusia egois hatinya selalu berkeluh kesah. Bila ditimpa kesusahan, resah, dan ketika mendapat kekayaan, amat kikir (QS al-Ma’ârij [70]: 19-21). Sedangkan manusia IKHLAS adalah manusia sosial. Dia senang membagi kesenangan kepada orang lain. Semakin dibagi kesenangan itu, Allah melipatgandakan dengan berbagai kesenangan yang lain. Dia bahagia telah membagi, dan gelisah karena belum dapat kesempatan untuk membagi.

IKHLAS menjadikan manusia kaya

Tanda orang kaya dilihat dari pemberiannya. Semakin banyak pemberiannya, semakin kaya orang itu. Karena orang IKHLAS itu suka berbagi, maka sesungguhnya dia orang kaya, meskipun mungkin miskin harta. Kalaulah tidak kaya harta, tapi kaya hati, syukur alhamdulillah bila kaya harta pula. Maka Rasulullah Swa. Bersabda: ”Tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah”. Allah berfirman: ”Kamu sekali-kali tidak akan mendapatkan kebaikan sehingga mampu memberikan apa yang kamu cintai”. (Q.S. Ali Imrân [3]: 92). Hanya dengan keikhlasan yang tinggi seseorang dapat memberikan harta yang paling dicintai. Itulah orang kaya.

IKHLAS meningkatkan kinerja

Betapa tidak, guru yang IKHLAS tidak perlu diawasi oleh kepala sekolah. Karyawan yang IKHLAS, tidak penting direktur ada atau tidak. Pegawai yang IKHLAS, tidak memandang kehadiran majikan. Semua bekerja tanpa pamrih. Mereka senang melakukan pekerjaan itu dengan sepenuh hati. IKHLAS beramal hasil maksimal, demikian pepatah mengatakan. Maka hasil dari perbuatan al-mukhlishîn (orang-orang IKHLAS) itu adalah kemajuan, kejayaan, dan kemakmuran.

IKHLAS menciptakan hidup damai

Orang yang IKHLAS tidak pernah membuat masalah, sehingga menimbulkan kekacauan, keributan, dan kerusakan. (Q.S. al-Rûm [30]: 41). Orang yang IKHLAS tidak pula suka menghindar dari masalah, lari dari kenyataan, lalu menyalahkan orang lain. Orang yang IKHLAS adalah manusia problem solver (pemecah masalah) yang tidak pernah menghindar dari masalah. Dia menghadapinya dengan gagah berani, mencari solusi dengan cara-cara yang cerdas dan bijak. Manusia problem solver (pemecah masalah) kokoh berdiri bagaikan karang, menghadapi masalah dengan jiwa besar yang dibangun dari ruh IKHLAS. Orang IKHLAS adalah manusia wajar, santun, ramah tidak gampang marah.

OK ya... ternyata sifat IKHLAS itu mampu memberikan manfaat yang luar biasa terhadap kehidupan kita pribadi maupun juga dalam masyarakat. Tapi tetep, kita harus senantiasa waspada ya... jangan terlalu mudah IKHLAS terhadap sesuatu. Kita harus tetap berusaha memperjuangkan yang terbaik ketika kita memang harus memperjuangkan itu...

Sekian dari saya...
Semoga bermanfaat

Sumber: http://www.mediakalla.com/manfaat-ikhlas-dalam-kehidupan/

BACA JUGA...!!!